Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipeteam Assisted Individualization Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pendidikan Agama Buddha Di Smk Dharma Widya
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di kelas X Multimedia SMK Dharma Widya Tangerang.Hal tersebut ditandai dari ketercapaian indikator keberhasilan penelitian  tindakan kelas dan adanya peningkatan kemandirian belajar peserta didik. Kondisi awal ketercapaian dalam kemandirian belajar peserta didik dengan kriteria kurang hanya mencapai 59,20%. Setelah diadakan penelitian siklus I ketercapaian kemandirian belajar peserta didik dengan kriteria cukup yang dicapai sebesar 77,08% dan siklus II ketercapaian kemandirian belajar peserta didik dengan kriteria baik yang dicapai 83,55%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada pendidikan agama Buddha di kelas X Multimedia SMK Dharma Widya Tangerang.
Keywords
Full Text:
6-23 PDFReferences
Korelasional Ekspedimen Ex Post Facto Etnografi, Grounded Theory, Action Research. Jakarta: Grafindo Persada.
Rohani, Ahmad. (2010). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Arends, Richard I. (2012). Learning To Teach, Ninth Edition. New York: McGraw-Hill.
Steinberg, L.D. (1993). Adolescence. New York: McGraw-Hill.
Slavin, R. E. (1984). "Effects of Team Assisted Individualization on the Mathematics Achievement of Academically Handicapped and Nonhandicapped Students." Journal of Educational Psychology, 76(5), 813-819.
Latief. (2011). "Matematika guru yang membosankan." (diakses pada 6 Februari 2015). Tersedia di http://edukasi.kompas.com.read/2011/01/06/17533529/Matematika.dan.Guru.yang.Membosankan
DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v2i2.447
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEX BY: