Moralitas Remaja Di Era Digital Dalam Kajian Filsafat Buddha : A Systematic Literatur Riview

Ria Astika, Budi Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan membahas tentang moralitas remaja di era digital dalam perspektif filsafat agama Buddha. Moralitas remaja merupakan kualitas yang penting untuk dibentuk dan dimiliki remaja, yang mencakup kesadaran, kesetiaan, dan kemampuan untuk memilih keputusan sesuai dengan norma dan nilai-nilai humanis selain itu Penelitian ini juga membahas era digital dapat memengaruhi moralitas remaja melalui beberapa faktor seperti kurangnya pemahaman remaja tentang penggunaan teknologi yang tepat dan dampaknya, ketidakstabilan emosi remaja, serta rendahnya literasi digital dan mengimplementasikan nilai-nilai moral agama Buddha seperti sila (kesadaran dan kepatuhan terhadap aturan), karuna (kepedulian sosial), dan mudita (kemampuan mengatur emosi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Systematic Literature Review (SLR). Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan semua penelitian yang tersedia dengan bidang topik fenomena yang menarik, dengan pertanyaan penelitian tertentu yang relevan. Dengan penggunaan Metode SLR dapat dilakukan review dan identifikasi jurnal secara sistematis, yang pada setiap prosesnya mengikuti langkah-langkah atau protokol yang telah ditetapkan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa di era digital moralitas sangat penting untuk dietarpakan pda remaja.


Keywords


moralitas, remaja, era digital, pancasila Buddhis

Full Text:

PDF 67-77

References


Economics, P., Khaldoon, A., Ahmad, A., Wei, H., Yousaf, I., Ali, S. S., Naveed, M., Latif, A. S., Abdullah, F., Ab Razak, N. H., Palahuddin, S. H., Tasneem Sajjad , Nasir Abbas, Shahzad Hussain, Sabeehullah, A. W., Gulzar, M. A., Zongjun, W., Gunderson, M., Gloy, B., Rodgers, C., Orazalin, N., Mahmood, M., … Ishak, R. B. (2020). Pengaruh Etika Dan Moral Remaja Terhadap Lunturnya Literasi Di Era Digital. Corporate Governance (Bingley), 10(1), 54–75.

Fahira, W. R., Guspita Sari, Y., Putra, B. E., Setiawati, M., Studi, P., Ekonomi, P., Mahaputra, U., Yamin, M., & Jend, J. (2023). Peranan Filsafat Pendidikan Dalam Pembentukan Moralitas Siswa. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi , 6, 32.

Firnando, H. G., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Business, G. (2023). Spiritualitas Di Era Digital : Pengaruh Teknologi Terhadap Pengalaman Keagamaan Masyarakat Perspektif Filsafat. 1(2), 159–174.

Handriyanto, H., Adha, M. M., & Mentari, A. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Moralitas Peserta Didik. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 59–67. Https://Doi.Org/10.33061/Jgz.V11i2.6751

Hindu, A., Kafaabillah, D., Noorzeha, F., Kusuma, U., & Surakarta, H. (2022). Pendidikan Moral Bangsa. 5(November), 52–70.

Kusalanana, S., Metta Puspita Dewi, & Marjianto. (2020). Makna Simbolik Ritual Selamatan Methik Pari Dalam Pandangan Agama Buddha Di Desa Gembongan Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Sabbhata Yatra: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 1(1), 32–44. Https://Doi.Org/10.53565/Sabbhatayatra.V1i1.149

Magdalena, W. (2019). Prinsip Buddha Zen Dalam Upacara Chanoyu Aliran Urasenke. Japanese Research On Linguistics, Literature, And Culture, 2(1), 93–107. Https://Doi.Org/10.33633/Jr.V2i1.3445

Mewar, M. R. A. (2021). Krisis Moralitas Pada Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19. Perspektif, 1(2), 132–142. Https://Doi.Org/10.53947/Perspekt.V1i2.47

Miladiyanto, S., & Ariyanti, A. (2020). Prinsip Moralitas Merek Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis. Jurnal Cakrawala Hukum, 11(3), 241–249. Https://Doi.Org/10.26905/Idjch.V11i3.5022

ÑÄṇamoli, B., & Bodhi, B. (2013). The Middle Length Discourses Of The Buddha Majjhima NikÄya (F. Lie, G. Melissa, & Sumedho (Eds.)). Dhammacitta Press. Https://Doi.Org/10.1007/978-94-024-0852-2_267

Oktaviani, H., Elita, Y., & Misbahuddin, A. (2021). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Moralitas Remaja Di Smp Negeri 2 Seberang Musi, Kabupaten Kepahiang. Triadik, 20(1), 26–34. Https://Doi.Org/10.33369/Triadik.V20i1.16468

Parjono, P. (2022). Ariya Atthangika Magga Sebuah Metode Jalan Tengah Untuk Mengatasi Ekstrimisme: Kajian Dalam Bingkai Agama Buddha. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.53565/Pssa.V8i1.383

Pebriani, I., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membina Kedisiplinan Peserta Didik Di Era Digital. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 42–49. Https://Doi.Org/10.56393/Lentera.V3i2.1738

Purwaningsih, N. M. W., Gusti, N., Agung, A., Wariati, L. G., Hindu, U., Gusti, N. I., & Sugriwa, B. (2022). Etika Sosial Dalam Kitab Sutta Pitaka. Sanjiwani, 13, 13–23.

Pusat Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Pendidikan. Dikmenum. Depdiknas.

Rahula Hananuraga. (2022). Peran Pendidikan Agama Buddha Dalam Membangun Motivasi Dan Disiplin Belajar Siswa. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral, 1(2), 01–15. Https://Doi.Org/10.55606/Lumen.V1i2.38

Ramal, R. F., Meiliasari, M., & El Hakim, L. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Griya Journal Of Mathematics Education And Application, 3(1), 36–42. Https://Doi.Org/10.29303/Griya.V3i1.266

Raxsa, H. P., Yatno, T., & Wardani, N. (2020). Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Moral Remaja Buddhis Di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 4(2), 59–69. Https://Doi.Org/10.53565/Pssa.V4i2.101

S. Nim. (2011). Meditasi Dalam Agama Buddha.

S, D. H. (2019). Dampak Globalisasi Terhadap Moralitas Remaja ( Studi Smk Swasta Putra Bunda Tanjung Pura) Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 88–93. Https://Doi.Org/10.37755/Jspk.V8i1.136

Sanger, A. H. F., & Kasingku, J. D. (2023). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Remaja Di Era Digital. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 58–66.

Saparadi. (2023). Implementasi Nilai Nilai Moral Sebagai Benteng Dalam Kehidupan Sosial Bermasyarakat Pada Era Modern ( Tinjauan Moralitas Buddhis ).

SikkhÄnanda, B. (2012). Sila Penjelasan Bhikkhu SikkhÄnanda Dipersembahkan Sebagai Dana Dhamma Keluarga Besar.

Tinggi, S., Buddha, A., Sriwijaya, N., Banten, T., Melayu, S., & Wuruk, H. (2022). Rekognisi Gaya Kepemimpinan Hayam Wuruk Dalam Kitab Kakawin Nagarakretagama. 10(1), 42–53.

Wijayanti, I. (2020). Kemerosotan Nilai Moral Yang Terjadi Pada Generasi Muda Di Era Modern. 282.

Zeva, S., Rizqiana, I., Novitasari, D., & Radita, F. R. (2023). Moralitas Generasi Z Di Media Sosial: Sebuah Esai. Jurnal Manejemen Pendidikan, 1(2), 1–6.




DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v11i1.496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.