Penerapan Meditasi Buddhis dalam Berbagai Bidang Seni di Era Modern

Dewi Astuti, Eko Prasetyo, Kuhana Dewi, Prajna Dewi

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui penerapan meditasi Buddhis dalam dunia modern: seni. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian kepustakaan dengan sumber dari buku, artikel, maupun jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan meditasi Buddhisme dalam seni dapat dilihat dalam berbagai bentuk karya seni, seperti lukisan, musik, tari, sastra, vokal, dan seni peran. Seniman menggunakan meditasi sebagai sumber inspirasi, konsentrasi, dan pemahaman yang mendalam tentang kehidupan dan spiritualitas. Melalui praktik meditasi, seniman dapat mengembangkan kreativitas, meningkatkan konsentrasi, dan menemukan kedamaian batin yang mendalam.


Keywords


meditasi, buddhis, modern, seni, kreativitas, konsentrasi, kedamaian batin

Full Text:

PDF 39-54

References


Alif, I. H. (2020). Perancangan interior pusat pelatihan bela diri Kungfu Selatan Bandung. Diakses dari https://unikom.ac.id

Amalia, A. R. (2021). Makna simbolik perayaan Ulambana di Vihara Bahtera Bhakti Ancol serta pesan kerukunan antarpenganut agama-agama. Diakses dari https://uinjkt.ac.id

An?layo, B. (2008). Satipatthana: Jalan langsung ke tujuan.

An?layo, B. (2022). Developments in Buddhist meditation traditions. Barre Center for Buddhist Studies. Diakses dari https://academia.edu

Bhikkhu Bodhi. (2015). Anguttara Nik?ya: Khotbah-khotbah numerikal Sang Buddha, Buku 1 (Terjemahan Indra Anggara). Jakarta: Dhammacitta Press.

Bhikkhu Dhammadiro. (2005). Pustaka Dhammapada Pali-Indonesia. Jakarta: Sangha Theravada Indonesia.

Biyantania, A., Hendrarto, T., & Subekti, B. (2024). Optimalisasi kualitas hidup lansia melalui penerapan arsitektur Zen berwawasan perilaku pada senior house di Maribaya, Lembang. FAD. Diakses dari https://itenas.ac.id

Bramantyo, H. (2015). Meditasi Buddhis: Sarana untuk mencapai kedamaian dan pencerahan batin. Jurnal Orientasi Baru, 24(1).

Chakim, M. L., & Putra, M. H. A. (2023). Studi perjumpaan aliran mistik Kejawen dan mistik Islam. Spiritualita. Diakses dari https://iainkediri.ac.id

Fazri, V. C., Rukhyana, B., & Susanti, H. (2020). Nilai estetika pada Shodou khususnya pada gaya Sousho berkaitan dengan teori Wabi-Sabi dan teori Zen. IDEA: Jurnal Studi Jepang. Diakses dari https://unpak.ac.id

Fendy, F., Surya, J., Angela, S., Suyati, S., & Lie, N. (2023). Memahami konsep meditasi dalam kajian sutta-sutta dalam Suttapi?aka. PATISAMBHIDA: Jurnal Pemikiran Buddha dan Filsafat Agama, 4(2), 84-96. Diakses dari https://radenwijaya.ac.id

Gunawan, H. (2023). Kebudayaan Buddhis dan gaya hidup. Tajug: Jurnal Pemikiran Islam, Sosial, dan Humaniora, 1(1), 11-16. Diakses dari https://alshobar.or.id

Harianto, A., & Ismoyo, T. (2022). Apa itu Vipassana Bhavana? ABIP: Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan, 8(1), 12–17. https://doi.org/10.53565/abip.v8i1.479

Hemamalini, K., Wirawan, M., Puspa, A. A. O., Yasa, I. K. N. W., Kurniasari, N. G. A. K., Budha, I. W., ... & Ulianta, I. K. (2022). Kompendium pengetahuan sumber (perspektif yoga kesehatan, komunikasi, kewirausahaan, seni budaya keagamaan, dan pendidikan Hindu). Nilacakra.

Herliawati, P. A., & Winangsih, R. (2023). Manfaat meditasi mindfulness untuk meningkatkan perhatian dan fokus anak di sekolah Minggu Buddha. Jurnal Kebidanan. Diakses dari https://stikeswilliambooth.ac.id

Juniartha, M. G., & Anjani, N. K. (2021). Hening dalam meditasi sebagai seni kontemplasi. Maha Widya Duta, 5(1), 42–52.

Karja, I. W. (2020). Kosmologi Bali: Visualisasi warna Pangider Bhuwana dalam seni lukis kontemporer. Diakses dari https://unhi.ac.id

Khenresta, T., Oktaviani, R. C., & Salasa, Y. (2022). Simbol dan makna adegan berderma (Dâna) pada relief Karmawibhangga Candi Borobudur. WALENNAE: Jurnal Arkeologi Sulawesi Selatan dan Tenggara, 20(1), 55-68. Diakses dari https://unhas.ac.id

Lestari, S. (2023). Buddhisme dan budaya lokal. Jurnal Ilmiah Kampus: Sati Sampajanna. Diakses dari https://stabn-sriwijaya.ac.id

Liliweri, A. (2021). Makna seni dan kesenian: Seri pengantar studi kebudayaan.

Manggala Putra, N. R. (2023). Reinterpretasi konsep mindfulness melalui eksplorasi pengolahan spasial audio dalam karya 'Menep'. Diakses dari https://isi.ac.id

Maurice Walshe. (2009). D?gha Nik?ya: Khotbah-khotbah panjang Sang Buddha (Terjemahan Team Giri Mangala Publication dan Team DhammaCitta Press). DhammaCitta Press.

Mentari, G. (2021). Kearifan lokal pada perwujudan Tathagata di Candi Borobudur. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora. Diakses dari https://unja.ac.id

Noor, F. (2022). Dialog antar budaya: Interpretasi video musik Wonderland Indonesia.

Semadi, G. N. Y. (2020). Kreativitas Ida Wayan Oka Granoka dalam seni pertunjukan Bali. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, 20(1), 19-28. Diakses dari https://unhi.ac.id

Sikkhananda. (2015). Meditasi: Hal termulia untuk dilakukan. Banten: Benteng Satipa??h?na Tangerang.

Soepandi, S., & Yonata, H. (2020). Peran kesadaran/sati terhadap minat baca belajar peserta didik di SMB Trisaranagamana. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 2(1), 25-34. Diakses dari https://journal-stabdharmawidya.ac.id

Sucitra, I. G. A., & Murtiningsih, R. S. (2020). Kosmologi Sekala-Niskala: Refleksi estetika lukisan I Nyoman Sukari. Diakses dari https://academia.edu

Sugiyono. (2005). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Y. N. (2021). Pendekatan teori Abraham Maslow sebagai model pembinaan bagi pendidikan anak usia remaja di era digital. Metanoia. Diakses dari https://sttdp.ac.id

Taslim, H., Nyanasuryanadi, P., & Kabri, K. (2023). Pendekatan analisis transaksional dalam Buddhisme. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3133-3133. Diakses dari https://universitaspahlawan.ac.id

Ulinnuha, M. K. (2021). Eksplorasi mandala dalam seni drawing. Journal of Contemporary Indonesian Art. Diakses dari https://isi.ac.id

Wibowo, A. S. (2020). The calling: Seni mewujudkan hidup yang bermakna.




DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v11i1.503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

https://kpabangalore.com/

https://disdiksumsel.com/

https://jennifer-campbell.com/

EMAS787

EMAS787