Analisis Komprehensif Manajemen Kelas di Lembaga Pendidikan Buddha: Tinjauan Teori dan Praktik
Abstract
Manajemen kelas dalam pendidikan agama Buddha merupakan aspek penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan efektif. Penelitian ini mengkaji definisi, tujuan, kegiatan, prinsip, dan pendekatan manajemen kelas dalam konteks pendidikan agama Buddha. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas yang efektif melibatkan pengaturan waktu, pengelolaan kedisiplinan, penggunaan metode pengajaran interaktif, dan pelibatan orang tua. Prinsip-prinsip utama meliputi kehangatan, tantangan, variasi, ketangkasan, penekanan positif, dan pengembangan disiplin diri. Pendekatan yang dapat diterapkan mencakup pendekatan permisif, perubahan perilaku, dan sosio-emosional. Manajemen kelas yang baik dapat membantu siswa mengembangkan pemahaman mendalam tentang ajaran Buddha, menerapkan nilai-nilai etika, dan mengembangkan potensi diri secara holistik.
Keywords
Full Text:
PDF 42-58References
Afriza. (2014). Manajemen Kelas. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.
AfifahNurHidayah. (2020). Manajemen Kelas Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bandar Lampung. Skripsi, 8(1), 21–42.
Chandra, C. & Khiong, K. (2024). Minat Belajar dan Lingkungan Belajar DalamMeningkatkan Proses Belajar Aktif Pendidikan Agama Buddha. Jurnal Educatio FKIP UNMA. unma.ac.id
Dhamayanti, P. V. (2022). Systematic literature review: Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(2), 209-219. mahadewa.ac.id
Djbaba, Rasmi. (2019). Implementasi Manajemen Kelas Di Sekolah Dasar. Sulawesi Selatan: AG
Djabidi, Faizal. Manajemen Pengelolaan Kelas: Upaya Peningkatan Strategi Dan Kualitas Dalam Pembelajaran. Jatim: Madani, 2016. MA.
Euis Karwati,Donni Juni Priansa, Manajemen Kelas(Bandung, Alfabeta,2015)
Hermawansyah, H. (2021). Manajemen lembaga pendidikan sekolah berbasis digitalisasi di era COVID-19. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan. stitbima.ac.id
Jelita, R. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha Pada Anak Usia Dini di TK Metta Maitreya Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira. e-journal.id
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 30 Tahun 2021 Tentang Pencegahan. Jurnal Hukum Mimbar Justitia. unsur.ac.id
Kepmendikbudristek. (2022). Standar Proses Jenjang Pendidkan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kurniawan, A., Sari, M. N., Sianipar, D., Hutapea, B., Supriyadi, A., Rahman, A., Akbar, M. A., & Purba, S. (2022). Manajemen kelas. Padang: PT Global EKsekutif Teknologi.
Lingga, J., & Haudi, H. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Guru sebagai Fasilitor di Sekolah Minggu Buddha (SMB) Trisaranagamana Pekanbaru. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 2(2), 83-102. journal-stabdharmawidya.ac.id
Nasir, H., Kaharuddin, K., & Shaleh, M. (2023). Pengelolaan Kerukunan Antarumat Beragama dalam Membentuk Iklim yang Kondusif. Didaktika: Jurnal Kependidikan. ssed.or.id
Panzola, N. F., Neviyarni, S., & Nirwana, H. (2024). Classroom Management Strategies in Creating an Effective Learning Atmosphere. Manajia: Journal of Education and Management, 2(1), 51-61. manajia.my.id
Rukhaiyah, S., Harahap, H. S., & Hutasoit, A. P. (2023). Kompetensi guru dalam mengelola kelas pembelajaran di SMP pondok pesantren al-husna marendal. Jurnal Pendidikan Tambusai. jptam.org
Sandra, R., Suhaili, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2022). Kolaborasi Guru Bimbingan Konseling dan Orang Tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Edukasi, 2(1), 55-62. stkipabdi.ac.id
Sappaile, B. I., Putro, A. N. S., Ahmad, S. N., Artayani, M., Zahir, L. A., & Andilah, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Penanaman Konsep Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8547-8557. j-innovative.org
Susanto, P. (2019). Dosen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone. Pendi Susanto, Produktivitas Sekolah (Bandung : Alfabeta, 2016), h. 6. 892. Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 892–907.
Suyono, Belajar dan Pembelajaran. Teori dan Konsep Dasar (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014).
Umam, C., & Ferianto, F. (2023). Model Pendekatan Humanistik Dalam Pengelolaan Kelas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Palumbonsari 1. Ansiru PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 336-344. uinsu.ac.id
Winarno, D. & Mujahid, K. (2024). Tantangan dan Strategi Guru dalam Mengatasi Problematika Pengelolaan Kelas pada Madrasah Ibtidaiyah. TSAQOFAH. yasin-alsys.org
Wiyani, Novan Ardy. Manjemen Kelas: Teori Dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas Yang Kondusif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Yadnyawati, I. A. G. (2024). Pendidikan Keagamaan Buddha sebagai Wujud Pendidikan Keluarga pada Umat Buddha Vihara Asoka Arama, Denpasar, Bali. Abdi Dharma. ubd.ac.id
DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v11i2.581
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEX BY: